Cerita Renyum dari Negeri Fabel

Angin bertiup kencang, rumput-rumput kecil bergoyang ditengah padang yang terhampar lapang sepanjang mata memandang. Air danau beriak, ikan-ikan terdengar berkecipak.

Negeri Fabel adalah sebuah pulau indah di perairan wonderland, di pulau ini berdiamlah beberapa jenis hewan. Ada ular, ada pipit, ada kadal, ada kucing, ada monyet, ada tikus, ada burung hantu, ada itik, ada ayam, ada kenari, ada golden pheasant, ada rainbow lorikeet yang cantik, ada nuri pelangi, dan ada bird of paradise.

Yap, benar sekali, di Negeri Fabel ini, banyak sekali keluarga Aves. Aves yang ceria, indah, dan berseni.

Dan disuatu sore yang indah.

Dari arah selatan, dibawah beberapa pohon Ek terlihat gerombolan pipit sedang bertengger di cabang paling rendah. Sedang berbincang-bincan. Terdengarlah sekilas apa yang mereka perbincangkan.

Pipit 1 : Hei, gua pusing cuy.
Pipit 2 : Elo, pusing kenapah ?
P 1 : Itu banyak banget yang koar-koar mau gantiin si ketua di pulau kita ini.
P 2 : Lha, trus elo pusing dengerin koar-koar mereka ?
P 1 : Ya hiyalah, gua kan pengennya terbang itu damai bro, ga berisik dengerin ini itunya.
P 2 : Ah elo pit, gitu aja pusing. Eh Betewe ntar elo pilih sopo ?
P 1 : Ogah gua milih bro. Males, ga ada yang pantes juga.

Tiba-tiba seekor itik datang, menengadah ke arah dua pipit.

Itik : Hei, kamu-kamu lagi apa iku diatas rek.
P 2 : Ini tik, ngomongin pemilihan ketua pulau kite.
Itik : Owh, asik nih. Ngomong-ngomong, pada mau milih siapa kalain rek ?
P 2 : Masih mikir gua tik. Tapi si pipit males milih katenye.
Itik : Lha, kenapa tho pit ?
P 1 : Emang kamu pikir yang paling pantes siapa tik ? Ga ada yang pantes buat gua mah.
Itik : Hmm? Siapa ya. Saya juga kurang tahu sih.
P 1 : Makanya tik, mending gua ga milih kan. Daripada beli Timun dalam Karung. Ga tau timunnya lurus apa bengkok. Mending ga usah beli dah.
Itik : Gitu ya ? Ah, bingung juga nih saya.
P 2 : Eh tik, betewe kamu mau kemana ?
Itik : Mau ngadem aja rek. Hehe.

Tak lama kemudian datanglah seekor kenari.
Kenari : Hai sobat, ane punya berita nih, calon ketua kita ada 5 euy.
Itik : Owh iya Kennar?
Kenari : Yo i tik.
P 2 : Siapa aja Kenn ?
Kenari : Ada Ular Rieno yang biasa berdiam di utara, Ada Elang Goyla yang suka di pesawahan sono, trus ada Burung Hantu Uono yang sering tengger di dahan Ek, ada Monyet Tyfo, dan ada Kadal Leyhon.
P 1 : Yeeh, mereka. Bener khan ga ada yang pantas. Itu si ular licik, si Tikus jorok dan berisik, Si Burung Hantu tukang kepo, Si Monyet rakus, dan Kadal Penipu. Ga ada yang panteslah.

Itik : Jadi yang pantes menurut kamu sopo pit ?
P 1 : Tau deh (ngangkat bahu)
Kenari: Atau kamu mau ga dicalonin.
P 1 : Ogah gua ngatur pulau ini cuy.
P 2 : Lha trus ?
P 1 : Pokoknya ga ada yang pantes lah.

Tiba-tiba datang seekor Gagak.

Gagak : Hey Bro, lagi rame nih keliatannya.
Kenari, P 2, Itik : Sini Gak. (Serentak)
Gagak : Ngomongin apa nihh ?
Kenari: Pemilihan ketua kita.
Gagak : Kalian milih siapa ?
P 2 : Itu dia Gak, kita bingung mau pilih siapa.
P 1 : Kalo gua mah ga bingung Gak, Udah bulat tekad ga milih. Itu aja kok bingung. Ya ga.
Gagak : Hohoho. Jadi Bro-Bro gue lagi pada bingung nih ceritanya. Gini Bro. Hak pilih ada ditangan kita tho. Nah, kita tinggal kenali dan pelajari para calon ketua kita bro. Nah, namanya sesama hewan, yang notabene makhluk, kesempurnaan tentulah bukan milik kita bro, dan bukan pula milik para kandidat calon ketua. Tugas kita cuma memilih yang paling bai diantara mereka. Dan kalaupun mereka tidak ada yang baik. Berarti kita tetap harus pilih yang buruk dari yang terburuk. Dan jika memang diantara mereka tidak ada yang baik, sebaiknya ada diantara kita-yang mungkin lebih baik dari mereka- untuk mencalonkan diri.
P 1 : Jadi maksud lo, harus milih gitu bro.
Gagak : Hmm, maksud gue, jangan ga milih bro.
P 1 : Apa bedanya ama “Harus Milih Bro”
Gagak : Lebih lunak aja bro. Kalo gue bilang harus milih, kayanya gue Bos banget kan. Hehe.
Kenari: Hmm, kenapa harus milih Gak.
Gagak : Gini sobat. Pulau ini adalah pulau kita, kita hidup disini, dan kita berhak untuk itu. Nah, untuk mengatur kehidupan kita disini, maka diperlukan satu ketua. Kenapa harus satu, biar hidup kita punya keteraturan sob.
P 2 : Trus
Gagak : Nah, sekarang kita diberi hak untuk memilih siapa ketua yang akan mengatur hidup kita. Ketua yang akan membimbing dan melindungi kita. Jadi tentu saja adalah sesuatu hal yang paling bijak untuk menggunakan hak tersebut sebaik mungkin.
Coba sobat bayangkan, kalo banyak diantara kita, para Aves, yang ga gunain haknya. Sedangkan para reptile dan simpanse gunain hak mereka. Trus terpilih salah seekor dari kandidat mereka. Hidup kita akan memburuk sob. Mereka bisa saja membuat peraturan melegalkan pemangsaan Aves oleh para reptile atau simpanse. Apa jadinya hidup kita. Apa jadinya. Padahal jelas-jelas keluarga Aveslah yang paling banyak di pulau ini.
P 2, Kenari, dan Itik : Wah bener Bro. Setuju sob.
P 1 : Jadi gue harus milih nih.
Gagak : Bukan harus milih sob, tapi jangan sampai ga milih.
P 1 : Ah elo bro. Bisa aje lu. ^_^

Mendengar itu, renyum tersenyum.
“Sepertinya saran Gagak bagus juga untuk tanggal 9 April 2014 ini”

~JANGAN SAMPAI GOLPUT YA~
^_^

3 thoughts on “Cerita Renyum dari Negeri Fabel

Leave a comment